Selasa, 10 Juli 2018

Menimbang Risiko Tentang Lotus Birth


Salah satu cara kelahiran yang kian banyak diketahui adalah lotus birth. Cara kelahiran ini berbeda dari cara pada biasanya, sebab pada lotus birth, tali sentra tidak dipotong sesudah bayi dilahirkan, tapi diizinkan tetap menempel pada bayi hingga lepas dengan sendirinya. Meskipun semacam itu, keamanan lotus birth masih belum bisa dipastikan.  

Pemotongan tali sentra biasanya dijalankan seketika sesudah bayi lahir, dan pada ketika plasenta masih ada di dalam tubuh ibu. Hal ini bertujuan untuk mencegah pendarahan hebat pada ibu sesudah melahirkan. lotus birth atau menunda pemotongan tali sentra terlalu lama, mempunyai risiko yang patut diwaspadai. Mencakup:

Rentan infeksi
Plasenta yang mengandung darah rentan terjangkit infeksi, yang bisa seketika ditularkan pada bayi. Sesaat sesudah bayi lahir dan tali sentra berhenti berdenyut, plasenta tidak ubahnya sebagai jaringan mati sebab sudah tidak mempunyai peredaran darah. Apabila orang tua menentukan untuk melakukan lotus birth, karenanya dianjurkan untuk memantau secara hati-hati kemungkinan terjadinya infeksi.

Bayi kuning
Penundaan pemotongan tali atau lotus birth sentra bisa meningkatkan risiko bayi mengalami kelebihan bilirubin, sehingga bayi menonjol berwarna kuning (jaundice). Hal itu disebabkan pasokan darah berlebih yang diperoleh dari tali sentra. Bayi yang dilahirkan dengan cara ini, kemungkinan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk perawatan sesudah lahir.

Menunda pemotongan tali atau lotus birth sentra selama sebagian ketika diyakini bisa mendatangkan manfaat. Melainkan sejauh ini, untuk menentukan batas waktu penundaan dan indikasi medis yang ideal untuk dikerjakannya lotus birth masih menjadi perdebatan.

Sebab lotus birth mempunyai risiko yang tidak ringan, dianjurkan untuk menentukan ulang opsi cara persalinan tersebut. Konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan mengenai tingkat keamanan lotus birth ketika pemeriksaan kehamilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Bertransaksi yang Aman dengan Mesin ATM Setoran Tunai CIMB Niaga

Mengantri panjang di teller bank cuma sekadar untuk setor rasanya sungguh-sungguh membosankan. Belum lagi jikalau Kita sedang banyak pro...