Sabtu, 14 Juli 2018

Penyebabnya dan Waspadai BAB Berdarah


Apakah Anda pernah menemukan darah saat membuang air besar? Hal ini mungkin membikin Anda takut. Tidak salah jika Anda cemas, karena membuang air besar atau BAB berdarah bisa menggambarkan adanya situasi sulit serius, padahal memang tak selalu.

Ada banyak penyebab BAB berdarah, tingkat keparahannya bahkan bisa bervariasi. Mulai dari pendarahan yang ringan atau biasa terjadi, hingga pendarahan yang berat dan mengancam nyawa. Kadang BAB berdarah juga disertai feses berwarna hitam, merupakan situasi yang menggambarkan bahwa sumber pendarahan berasal dari saluran cerna komponen atas.


Darah dalam tinja bisa menjadi petunjuk adanya perdarahan di saluran pencernaan Anda. Jumlahnya bisa sedikit, tapi sesekali bisa juga banyak. Berikut sebagian penyebab BAB berdarah, di antaranya:

Sembelit
BAB berdarah umumnya disebabkan oleh sembelit. Sembelit merupakan situasi di mana pembuluh darah yang terletak di sekitar anus membengkak. Mengejan terlalu kuat saat BAB bisa menyebabkan pendarahan. BAB berdarah pada sembelit umumnya tak disertai nyeri dan berupa darah segar yang berwarna merah. Gejala sembelit umumnya berupa rasa gatal atau tak nyaman di sekitar anus, disertai benjolan pada lubang anus.

Fisura ani
Fisura ani merupakan robekan pada lapisan dinding anus yang menyebabkan rasa sakit saat BAB. Luka pada dinding anus ini bisa menyebabkan BAB berdarah, dengan darah segar berwarna merah, disertai nyeri.

Fistula ani
Fistula ani merupakan saluran yang terwujud di antara ujung usus besar dan kulit di sekitar anus. Keadaan ini bisa menyebabkan BAB berdarah dan bisa terasa betul-betul sakit. Seandainya tak diobati, bisa memunculkan infeksi pada anus atau abses anus. Gejalanya bisa berupa demam, nyeri dan bengkak di sekitar anus, serta keluarnya abses atau cairan beraroma busuk dari anus.

Penyakit radang usus
Penyakit radang usus, seperti kolitis ulseratif dan penyakit Crohn, merupakan penyakit yang timbul karena adanya peradangan di usus. Penyakit ini bisa membikin Anda mengalami sakit perut, diare berat, kelelahan, penurunan berat badan, kekurangan gizi, dan juga BAB berdarah.

Penyakit divertikular
Divertikula merupakan kantong kecil yang terwujud pada dinding usus besar. Umumnya, kantong ini tak memunculkan situasi sulit. Tapi, sesekali divertikula bisa berdarah atau menjadi terinfeksi, dan menyebabkan BAB berdarah.

Kanker dan polip usus besar
BAB berdarah bisa juga menjadi salah satu gejala polip usus besar dan kanker kolorektal. Seringkali, pendarahan itu bersifat internal dan tak kelihatan oleh mata telanjang. Polip merupakan benjolan yang tumbuh pada dinding usus besar. Benjolan ini bisa jinak, tapi bisa juga merupakan wujud permulaan dari keganasan atau kanker. Gejala kanker kolorektal yang perlu diwaspadai merupakan adanya penurunan berat badan tanpa karena yang jelas, lemas, pucat, konstipasi, dan nyeri setelah BAB.

BAB berdarah tak bisa dianggap remeh, karena gejala penyakit yang bisa memunculkan BAB berdarah kadang mirip satu sama lain, dan bisa saja disebabkan oleh situasi serius yang perlu lantas diobati. Selain itu, BAB berdarah dalam jumlah banyak merupakan situasi berat yang perlu mendapatkan pertolongan medis sedini mungkin.

Pengobatan untuk menyelesaikan BAB berdarah perlu diawali dengan menentukan diagnosis penyakit yang menjadi penyebab munculnya keluhan ini. Setelah diagnosis diatur oleh dokter, karenanya penanganan BAB berdarah akan disesuaikan dengan penyakit penyebabnya.

Anda bisa mengurangi risiko terjadinya BAB berdarah dengan banyak minum air, mengkonsumsi makanan berserat, menghindari duduk terlalu lama, serta menghindari konsumsi minuman beralkohol yang bisa menyebabkan dehidrasi dan sembelit.

Seandainya Anda merasa pusing, pucat, tak enak badan, tinja berwarna hitam atau merah tua, kehilangan darah dalam jumlah yang banyak, detak jantung menjadi cepat dan susah bernapas, atau pingsan, penting bagi Anda untuk lantas berobat ke dokter. BAB berdarah disertai petunjuk dan gejala hal yang demikian bisa jadi merupakan situasi serius yang membutuhkan penanganan medis lantas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Bertransaksi yang Aman dengan Mesin ATM Setoran Tunai CIMB Niaga

Mengantri panjang di teller bank cuma sekadar untuk setor rasanya sungguh-sungguh membosankan. Belum lagi jikalau Kita sedang banyak pro...