Selasa, 03 Juli 2018

Makanan Untuk Penyakit Maag Ini Tersedia Di Rumah


Sakit maag yang tak jarang kambuh secara tiba-tiba tentu benar-benar mengganggu aktivitas sehari-hari. Agar tak semakin parah, Anda pun perlu menyeleksi dan mengenal beragam makanan yang bagus dikonsumsi untuk penderita sakit maag.

Sakit maag lazimnya disebabkan oleh peradangan pada lambung (gastritis), infeksi, konsumsi obat-obatan tertentu, kebiasaan mengonsumsi minuman menandung alkohol, kafein, makanan pedas, mengisap rokok, dan stres. Bila tak langsung diobati, sakit maag bisa memicu pendarahan di lambung dan meningkatkan risiko penyakit membahayakan, seperti kanker lambung.


Makanan yang Bagus Untuk Penderita Sakit Maag

Pada lazimnya, pemilihan makanan untuk penderita Sakit maag bertujuan untuk meringankan beban kerja pada saluran pencernaan dan membantu menetralisir kelebihan asam lambung. Berikut ini ialah beragam makanan yang bagus dikonsumsi untuk penderita penyakit maag, di antaranya:

Pisang dan melon

Pisang dan melon ialah buah-buahan yang memiliki tingkat keasaman yang rendah. Kedua buah ini benar-benar disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita Sakit maag, karena membantu menstabilkan naiknya asam lambung. Selain itu, terdapat buah-buahan lain yang memiliki tingkat keasaman rendah, semisal apel, dan pir.

Jahe

Salah satu tumbuhan akar ini ialah obat natural yang bisa diterapkan untuk menuntaskan permasalahan pencernaan, termasuk Sakit maag. Anda cukup mengupas, memotong, atau pun memarut jahe, lalu memasukkannya ke dalam air mendidih untuk membuat minuman teh jahe. Teh jahe ialah minuman yang tepat sasaran sebagai antiradang dan pereda asam lambung yang naik.

Oatmeal

Mengkonsumsi semangkuk oatmeal sebelum mengawali aktivitas benar-benar disarankan bagi penderita Sakit maag. Hal ini dikarenakan, oatmeal cakap menyerap asam lambung dan mengurangi gejala naiknya asam lambung. Selain itu, oatmeal bisa memberikan asupan serat sehat bagi tubuh Anda. Sumber serat lain yang bisa Anda pilih, di antaranya ialah roti gandum.

Lidah buaya

Tanaman lidah buaya dikenal sebagai herba natural dan juga obat Sakit maag. Lidah buaya tersedia dalam bentuk suplemen, atau bisa dikonsumsi langsung setelah dimasak. Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya bisa mengurangi risiko terkena tukak lambung, dan mencegah produksi asam lambung berlebih. Tanaman herba ini juga mengandung zat antiradang, antimikroba, dan antioksidan.

Adas

Makanan untuk Sakit maag yang satu ini ialah bahan natural yang bisa dikonsumsi dalam bentuk salad. Cukup iris tipis adas, lalu campurkan dengan beragam sayuran lain, seperti argula dan bayam. Tumbuhan adas aman dikonsumsi oleh penderita maag karena memiliki kadar keasaman yang rendah dan cakap meningkatkan fungsi lambung.

Seledri

Seledri hampir tak memiliki kalori karena kandungan airnya yang tinggi, dan ialah opsi makanan yang bagus jika Anda menderita Sakit maag. Selain itu, seledri juga bisa diterapkan sebagai penekan nafsu makan dan ialah sumber serat yang benar-benar bagus.

Sayuran hijau

Mengkonsumsi sayuran memang disarankan bagi penderita Sakit maag, karena membantu mengurangi naiknya asam lambung. Disarankan memilih sayuran yang memiliki kadar keasaman rendah, seperti brokoli, asparagus, kembang kol, kacang panjang, bayam dan ketimun.

Beras coklat

Karbohidrat rumit yang ada dalam beras coklat, lebih lama dicerna di lambung sehingga bisa membantu mencegah peningkatan asam lambung.

Daging

Kebanyakan jenis daging, seperti daging unggas dan ikan, bisa dikonsumsi walaupun Anda memiliki sakit maag. Alternatif daging terbaik untuk penderita Sakit maag ialah daging tanpa lemak. Hindari metode pengolahan dengan menggoreng. Sistem pengolahan daging dengan memanggang atau merebus ialah yang paling bagus bagi penderita sakit maag.
Penderita Sakit maag perlu menghindari makanan atau minuman yang asam, pedas, berlemak tinggi, mengandung alkohol, kafein, dan soda. Selain, mengonsumsi makanan yang bagus untuk penderita maag. Anda pun semestinya mengamati pola makan teratur dan jangan membolehkan perut kosong terlalu lama. Budaya hal yang demikian akan meningkatkan risiko naiknya asam lambung yang mengakibatkan timbulnya sakit maag. Konsultasikan ke dokter jika Anda menderita maag kronis yang tak kunjung sembuh, agar mendapatkan penanganan yang ideal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Bertransaksi yang Aman dengan Mesin ATM Setoran Tunai CIMB Niaga

Mengantri panjang di teller bank cuma sekadar untuk setor rasanya sungguh-sungguh membosankan. Belum lagi jikalau Kita sedang banyak pro...